Job Vacancy (Lowongan Kerja) Info Lowongan Kerja Terbaru CPNS, BUMN, Bank dan karir kerja lainnya. Lowongan Pekerjaan Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Batam

Info Penerimaan CPNS Tahun 2012

03.26.2012 · Posted in Lowongan CPNS - PNS

Sedikitnya 125 ribu pegawai negeri sipil (PNS) bakal memasuki masa pensiun tahun ini. Sebagai pengganti, pemerintah akan merekrut PNS baru melalui sejumlah jalur.
Hal tersebut dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar di sela-sela Reuni Akbar 40 Tahun ITB ‘72 di Aula Barat ITB Bandung, Sabtu (24/3).

“Kami akan mengangkat 60 ribu PNS baru (dari seleksi). Sisanya, 65 ribu, kami masukkan dari pegawai honorer kategori satu,” jelasnya.
Tenaga honorer kategori I adalah tenaga honorer yang dibiayai APBN atau APBD.

Selain itu, tak tertutup kemungkinan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara akan merekrut pegawai honorer kategori II yang selama ini digaji dari pembiayaan non-APBN dan APBD. Bedanya, mereka harus melewati ujian terlebih dahulu.
Sebelum mengikuti tes yang dijadwalkan digelar tiga bulan lagi itu, mereka akan didata terlebih dahulu oleh Kementerian bersama pemerintah daerah. Tak semua dari 600 ribu pegawai honorer kategori II akan direkrut.

“Ada tes bagi mereka. Jadi, tidak otomatis. Paling banyak sepertiganya. Tes itu untuk menentukan passing grade karena kualitasnya harus jelas. Kompetensinya umum atau lebih ke bidang (tertentu),” kata Azwar.
Baik pegawai honorer kategori I maupun kategori II yang mengikuti proses pengangkatan tersebut adalah mereka yang mengabdi di lingkungannya sejak 2005 atau sebelumnya.

Gandeng ICW

Khusus PNS baru, Azwar menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan proses seleksi yang ketat. Kementerian dan lembaga serta pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota tidak sembarang merekrut. Seleksi diharuskan melalui analisis peta jabatan.
“Jadi, tidak ada formasi kalau tidak ada peta jabatan. Perekrutan tanpa arah tidak bisa dilakukan lagi karena kebutuhan riilnya akan terlihat,” terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan, tes terhadap calon pegawai akan melibatkan sepuluh perguruan tinggi. Selain itu, pihaknya juga menggandeng LSM, salah satunya Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai pengawas untuk menjamin proses tersebut berjalan fair.

Sumber : Suara merdeka.

Untuk Langganan Info Lowongan Via email, Daftar Disini!!

Bookmark and Share

Melihat Semua Lowongan, Klik Di sini

Comments are closed